https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/issue/feed KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer 2019-04-29T03:58:47+00:00 Dr. Dadang Sudrajat journalcontact@kopertipindonesia.or.id Open Journal Systems https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/39 Pembuatan Anatomi Gigi Manusia Berbasis 3d Modeling pada PT. Penerbit Erlangga 2019-04-29T03:56:52+00:00 ulfahnurizzati@gmail.com <p>PT. Penerbit Erlangga adalah salah satu penerbit buku terbesar di Indonesia. Produk unggulan dari penerbit ini adalah buku pelajaran. Tidak hanya memproduksi buku, PT. Penerbit Erlangga juga memproduksi media pembelajaran interaktif. Saat ini, PT. Penerbit Erlangga sedang mengembangkan salah satu inovasi dalam media pembelajaran interaktif yaitu aplikasi<em> viewer</em> objek 3D berbasis website. Aplikasi ini dibuat sebagai pelengkap buku pelajaran cetak. Permasalahan yang ditemukan adalah dibutuhkannya <em>asset-asset</em> 3D untuk memvisualisasikan materi pelajaran karena&nbsp; aplikasi yang dibuat menggunakan pelajaran IPA. Asset-asset tersebut salah satunya berupa organ tubuh manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah dilakukan pembuatan salah satu organ manusia yaitu anatomi gigi berbentuk 3D untuk melengkapi aplikasi tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat objek 3D adalah Autodesk Maya dan agar <em>asset</em> untuk aplikasi <em>viewer</em> berbasis website ini dapat direalisasikan dengan baik, dilakukan pemberian texture yang disesuaikan dengan bentuk asli dari organ yang dibuat. Selain itu dilakukan exporting&nbsp; agar objek 3D dapat digunakan dalam aplikasi viewer berbasis website yang sedang dikembangkan tersebut.</p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/40 Low Poly Modeling Interior Restoran Pada Film Animasi 3D “Perjalanan Rempah-Rempah” 2019-04-29T03:57:17+00:00 affa.zahra@yahoo.com <p><em>I</em>ntisari— Perkembangan film animasi 3 dimensi memberikan dampak perubahan terhadap teknik pembuatan film animasi 3 dimensi yang awalnya masih dikerjakan secara manual hingga kemudian menggunakan bantuan komputer atau biasa dikenal dengan <em>digital animation</em>. Sebuah film animasi 3 dimensi berjudul “Perjalanan Rempah-Rempah” yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sejarah perjalanan rempah-rempah. Rempah adalah saksi perkembangan dan pasang surut peradaban bangsa Indonesia. Pada film animasi 3 dimensi ini, fokus dalam pembuatan model interior restoran yang akan digunakan untuk <em>layout</em> beberapa <em>scene</em> pada film animasi 3 dimensi “Perjalanan Rempah-Rempah”. Interior berkaitan dengan proses merencanakan, menata, dan merancang ruang-ruang interior yang ada di dalam sebuah bangunan, termasuk perabot dan pengaruhnya. Konsep dalam film animasi 3 dimensi ini adalah <em>low poly tris</em> dan teknik <em>polygon modeling</em>, agar pada saat proses rendering berjalan lebih cepat dan ringan. Model interior restoran ini juga dibuat menggunakan dengan <em>software</em> Blender 2.79.</p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/42 Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Tata Surya Pada PT. Penerbit Erlangga 2019-04-29T03:57:35+00:00 jwtrtn29@gmail.com <p>Motion graphic dalam dunia media pembelajaran berguna untuk membuat cara belajar siswa agar lebih menarik dan mudah dipahami juga tidak seperti cara pembelajaran pada umumnya. PT. Penerbit Erlangga merupakan perusahaan yang menyediakan buku-buku pelajaran berkualitas terbaik yang sesuai dan sejalan dengan kurikulum Indonesia. Selama puluhan tahun produk-produk berkualitas tersebut telah melekat di hati dan pikiran para pendidik (dari tingkat TK hingga Universitas) dan juga pemerintah Indonesia. Namun tidak hanya itu, perusahaan ini menyediakan sarana media pembelajaran motion graphic seperti Pengenalan Tata Surya. Di dalam video motion graphic tersebut akan menjelaskan secara detail apa itu Tata Surya, Planet Luar dan Planet Dalam. &nbsp;Dalam proses pembuatan video motion graphic media pembelajaran menggunakan metode yang dikemukakan oleh Luther yang meliputi : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. motion graphic media pembelajaran ini merupakan meliputi proses penseleksian, pembuatan bumper, transisi, effect, serta audio menjadi suatu kesatuan. Penggunaan media pembelajaran tidak hanya sekedar membantu para guru dalam proses mengajar, tetapi lebih ditujukan untuk memudahkan para siswa agar lebih memahami materi dalam pengajaran yang diberikan.</p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/45 Pembuatan Desain User Interface Aplikasi TemanBisnis Menggunakan Adobe XD CC 2019-04-29T03:57:57+00:00 tazirahmb@outlook.com <p><strong>Adanya UMK di Indonesia sangat menguntungkan perkembangan pekonomian negara karena UMK meyumbang hampir 100% pajak negara. Permasalahan yang dihadapi UMK ialah sulitnya mendapatkan akses permodalan yang disebabkan tidak adanya pencatatan keuangan. Karena itulah dibuat aplikasi keuangan yang fokus untuk pencatatan transaksi bisnis yang sesuai dengan standar IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), yaitu TemanBisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain user interface pada aplikasi TemanBisnis yang menarik dan mudah dipahami oleh pelaku UMK. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atomic design yang terdiri dari 5 langkah, yaitu atoms, meolecules, organism, templates, dan pages. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah desain user interface yang dapat dipakai dan digunakan untuk aplikasi TemanBisnis. Jurnal ini diharapkan menjadi kontribusi terbaru dengan menggunakan metode atomic design serta aplikasi Adobe XD CC untuk pembuatan desain user interface.</strong></p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/48 Pembuatan Material dan Lighting Kota Annecy pada Film Animasi 3D “Perjalanan Rempah-Rempah” 2019-04-29T03:58:09+00:00 salwaraihanah@gmail.com <p><strong>Animasi berasal dari kata “<em>to animate</em>” yang berarti membuat seolah – olah hidup dan bergerak. Film animasi digunakan sebagai media hiburan hingga pembelajaran karena kaya dengan ekspresi warna disertai penggambaran karakter yang unik, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diingat.</strong> <strong>Sedangkan, film animasi 3D mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi (Z-axis) maka objek dan pergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Film animasi 3 dimensi “Perjalanan Rempah-Rempah” menceritakan tentang bagaimana sejarah perjalanan rempah-rempah Indonesia sampai ke Eropa dan diceritakan melalui sebuah keluarga yang sedang memakan rendang pada sebuah restoran di Kota Annecy, mereka sangat menyukai rasa dari rendang tersebut dan tertarik dengan cerita bagaimana rendang bisa sampai ke Eropa. Pada jurnal ini fokus pembahasannya adalah pembuatan material dan lighting Kota Annecy. Tujuan dari pembuatan <em>material</em> adalah memberikan kualitas artistik pada objek 3 dimensi, sedangkan tujuan dari pembuatan <em>lighting</em> adalah memberikan pencahayaan. Perangkat lunak 3 dimensi yang digunakan adalah Blender versi 2.79.</strong></p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/49 Pembuatan Model 3D Anatomi Telinga Manusia Untuk Aplikasi Viewer Pada PT. Penerbit Erlangga 2019-04-29T03:58:27+00:00 adillasarisalma@gmail.com <p><em>Aplikasi viewer merupakan produk dari PT Penerbit Erlangga berupa halaman buku pelajaran digital yang masih dalam pengembangan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Aplikasi viewer dapat menampilkan objek 3 dimensi yang menyerupai objek asli dan dapat diamati dari sudut pandang mana saja, sehingga aplikasi ini membutuhkan objek 3 dimensi, salah satunya adalah objek 3 dimensi anatomi telinga manusia. </em><em>P</em><em>embuatan model 3D anatomi telinga manusia</em><em> menggunakan</em><em> Autodesk Maya yang dibuat melalui empat tahap, yaitu Perencanaan, dimana dalam tahap ini terdapat observasi dengan mengamati gambar referensi yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan model 3D dan pemberian texture. </em><em>Tahap selanjutnya yaitu tahap produksi, terdiri dari proses modeling dan pemberian texture</em><em>. Setelah proses produksi selesai, objek di export untuk mendapatkan hasil akhir file dengan format &nbsp;.OBJ dan .MTL. Terakhir, Validasi dilakukan dengan melakukan penilaian tingkat kemiripan model 3D dan texture antara gambar referensi dengan hasil akhir. Dari hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemiripan model 3D anatomi telinga manusia secara keseluruhan adalah sebesar 71,2%. Sedangkan untuk tingkat kemiripan texture adalah sebesar 64%.</em></p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer https://kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/68 Penerapan Metode Simpleks Dan Software POM-QM Untuk Optimalisasi Hasil Penjualan Pentolan Bakso 2019-04-29T03:58:47+00:00 matheus.rumetna@gmail.com <p>Intisari — Seiring dengan berkembangnya bisnis yang disertai persaingan yang begitu ketat banyak sekali masalah yang muncul dan turut mempengaruhi usaha produksi berskala kecil. Dengan kondisi seperti ini banyak usaha kecil seperti Ibu Fitri yang menjual pentolan bakso harus berjuang untuk tetap melaksanakan aktifitas usaha. Untuk menjaga kelangsungan dan berkembangnya usaha produksi pentolan bakso Ibu Fitri diperlukan langkah-langkah untuk dapat menghitung, mengalokasi bahan baku serta meningkatkan keuntungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat menggunakan metode simpleks yang merupakan bagian dari program linier serta memanfaatkan Teknologi Informasi yaitu <em>software</em> POM-QM f<em>or Wondows</em> agar lebih efisien dalam proses perhitungan. Hasil yang diperoleh (<em>solution</em>) yaitu keuntungan sebesar Rp.320.000 per produksi bakso setiap minggu.</p> <p>&nbsp;Kata Kunci — <em>operation research</em>, metode simpleks, <em>maximum</em> <em>profit</em>, POM-QM</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Abstract</em> — <em>Along with the development of business accompanied by intense competition there are many problems that arise and also influence small-scale production business. With these conditions, many small businesses such as Mrs. Fitri, who sell meatball stand, must struggle to carry out business activities. To maintain the continuity and development of the meatball frontman production business, Ibu Fitri needed steps to be able to calculate, allocate raw materials and increase profits. To overcome these problems, can use the simplex method which is part of a linear program and utilize Information Technology, namely POM-QM for Wondows software to be more efficient in the calculation process. The results obtained (solution) is a profit of 320,000 IDR per production of meatballs every week.</em></p> <p><em>&nbsp;</em>Keywords <em>— </em><em>operation research, simplex method, maximum profit, POM-QM</em></p> 2018-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2018 KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer